Skip to main content

Cara Install OwnCloud di Cpanel

Apa itu OwnCloud ?

Bagi kamu yang menginginkan Cloud Storage sendiri di Hosting milik pribadi kamu bisa menggunakan OwnCloud. Menurut Wikipedia, OwnCloud merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas secara gratis dan bebas seperti Onedrive, Dropbox, Mediafire dan menyediakan pengamanan yang baik, bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara terintegrasi dengan device atau perangkat yang tujuannya mengamankan, dan melaporkan penggunaan data. Intinya OwnCloud sama seperti Dropbox atau Google Drive ya. Hanya saja disini kamu bisa membuat media penyimpanan/ Cloud Storage sendiri dengan mengaturnya sesuai kemauanmu.

5 Keuntungan OwnCloud?

  1. Akses data dimanapun dan kapanpun
  2. Kapasitas tidak ada batasan (tergantung Jumlah Storage Hosting yang digunakan)
  3. Sharing data dengan mudah
  4. Sinkronisasi data dengan berbagai Cloud Storage lainnya (misalnya sinkronisasi dengan akun Dropbox, Google Drive)
  5. Gratis Pastinya


Cara Install OwnCloud di Hosting

Berikut cara install OwnCloud di Hosting sangatlah mudah, bagi kamu yang Hostingnya memiliki Plugin Softaculous App Installer cukup buka Plugin itu melalui CPanel dan Klik Klik saja, tapi kali ini saya akan jelaskan bagi kamu yang Cpanelnya tidak ada Softculous berikut ini  langkah- langkahnya.


  1. Download Owncloud Terlebih dahulu di Situs Resminya, Pilih Format Zip saja
  2. Upload File yang sudah di download kedalam Cpanel Hosting kamu melalui File Manager
  3. Ekstrak File Owncloud tersebut, selanjutnya akan otomatis membuat folder bernama Owncloud, Pindahkan seluruh isi folder Owncloud ke Public Html
  4. Selanjutnya kita Ubah Pengaturan Versi PHP kita melalui PHP Selector
  5. Ubah Versi PHP menjadi php 7 dikarenakan kita menggunakan owncloud terbaru, disini saya menggunakan PHP 7.1
  6. Kemudian Aktifkan Ektension Intl, dan Fileinfo karena ektension ini biasanya tidak default PHP 7.1
  7. Selanjutnya kalian akses domain web anda yang ingin dijadikan Cloud Storage, Contohnya https://cloud.asahankab.go.id/ 
  8. Maka akan tampil halaman Owncloud, disitu kamu akan diminta untuk memilih tipe database, ada 2 tipe yaitu menggunakan Maria DB/ Mysql atau SQLite. Jika untuk penggunaan ringan kamu cukup menggunakan SQLite sebagai databasenya dan kamu cukup mengisi formulir yang sudah disediakan untuk konfigurasi, dan bila untuk penggunaan besar disarankan kamu menggunakan database terpisah yaitu menggunakan Maria DB. Untuk pengaturan Maria DB terlebih dahulu kamu buat Database baru melalui Mysql Database untuk caranya saya asumsikan kamu sudah tau karna kamu memiliki hostingan pastinya sudah mengetaui hal ini. Kemudian isi Formulir Username Password dan nama database, password database, name user database sesuai database yang kamu buat sebelumnya. 
  9. Sampai Disini kamu sudah berhasil.

Kesimpulan

Bagaimana menurut kamu ? Apakah cara Install OwnCloud di Hosting sangat Susah atau Mudah ? Sekarang kamu bisa menyimpan semua file di Cloud Storage kamu sendiri. Untuk kapasitasnya Sesuai Kapasitas Hostingan kamu sendiri ! Jika kamu rasa kurang, kamu bisa menghubungi Penyedia Hosting Kamu.

Note : Jika kamu kesulitan atau perlu bantuan Silahkan tinggalkan Pertanyaan kamu di kolom Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar